PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN METODE CERAMAH DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN SISWA KELAS X TENTANG DIABETES MELITUS TIPE II DI SMAN 10 BANJARMASIN TAHUN 2024

NELSON (2024) PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN METODE CERAMAH DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN SISWA KELAS X TENTANG DIABETES MELITUS TIPE II DI SMAN 10 BANJARMASIN TAHUN 2024. Other thesis, STIKES SUAKA INSAN.

[img] Text (COVER)
Cover (3).pdf

Download (532kB)
[img] Text (ABSTRACK)
Abstract.pdf

Download (173kB)
[img] Text (BAB I)
Chapter 1.pdf

Download (457kB)
[img] Text (BAB II)
Chapter 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (786kB)
[img] Text (BAB III)
Chapter 3.pdf

Download (629kB)
[img] Text (BAB IV)
CHapter 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (831kB)
[img] Text (BAB V)
Chapter 5.pdf

Download (297kB)
[img] Text (REFERENSI)
References.pdf

Download (324kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
Appendices.pdf

Download (6MB)

Abstract

THE EFFECT OF HEALTH EDUCATION LECTURE METHOD WITH AUDIO VISUAL MEDIA ON THE LEVEL OF KNOWLEDGE OF CLASS X F STUDENTS ABOUT TYPE II DIABETES MELLITUS AT SMAN BANJARMASIN IN 2024 Nelson1 , Bernadeta Trihandini 2 , Lucia Andi Chrismilasari 3 ABSTRACT Background: Diabetes mellitus is a metabolic disease characterized by increased blood sugar levels that can attack all ages, one of which is adolescence, adolescents have lifestyles such as unhealthy diets and lack of physical activity, health education plays an important role in promotive and preventive efforts in increasing adolescents' knowledge of preventing type II Diabetes mellitus Research Purposes: To determine the effect of Health Education lecture method with audio-visual media on the level of knowledge of class X students about type II Diabetes mellitus. Methods: This study used quantitative research Pre-experimental method with a one group pretest-posttest design approach, using a questionnaire. The sample in this study were 18 respondents selected by purposive sampling technique. The normality test used the Shapiro-Wilk test and for statistical tests using the Paired Sample T-Test test. Results: The results showed that there were differences in the level of knowledge before and after being given health education lecture method with audio visual media. Before being given health education, 13 respondents (72%) had a poor level of knowledge, after health education there was an increase in knowledge to 16 respondents (89%) in the good category. The results of the T-test statistical test show that there is an effect of health education lecture method with audio-visual media on the level of knowledge of students about type II diabetes mellitus. Conclusion: There is a significant effect on the level of knowledge of class X F students before and after being given Health Education using the lecture method with Audio Visual media with a p-value of 0.000 (<0.05). Keywords: Diabetes mellitus, health education, adolescents, lecture, audio visual. 1 Student of Nursing Science Study Program STIKES Suaka Insan Banjarmasin 2,3Lecturer of Nursing Program Suaka Insan School of Health Sciences Haigher Education 8 PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN METODE CERAMAH DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN SISWA KELAS X F TENTANG DIABETES MELITUS TIPE II DI SMAN BANJARMASIN TAHUN 2024 Nelson1 , Bernadeta Trihandini 2 , Lucia Andi Chrismilasari 3 INTISARI Latar Belakang : Diabetes melitus merupakan penyakit metabolik yang ditandai peningkatan kadar gula dalam darah yang dapat menyerang semua kalangan usia salah satunya usia remaja, remaja memiliki gaya hidup seperti pola makan yang tidak sehat dan aktivitas fisik yang kurang, Pendidikan kesehatan sangat berperan penting dalam upaya promotif dan preventif dalam meningkatkan pengetahuan remaja terhadap pencegahan penyakit Diabetes melitus tipe II Tujuan Penelitian : Untuk mengetahui pengaruh Pendidikan Kesehatan metode ceramah dengan media audio-visual terhadap tingkat pengetahuan siswa kelas X tentang Diabetes melitus tipe II Metode : Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif metode Pre�eksperimental dengan pendekatan one group pretest-posttest design, dengan menggunakan kuesioner. Sampel pada penelitian ini adalah 18 responden yang dipilih dengan teknik Purposive sampling. Uji normalitas menggunakan uji Shapiro-Wilk dan untuk uji statistik menggunakan uji Paired Sample T-Test Hasil : Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan tingkat pengetahuan sebelum dan sesudah diberikan pendidikan kesehatan metode ceramah dengan media audio visual. Sebelum di berikan pendidikan kesehatan, 13 responden (72%) memiliki tingkat pengetahuan yang kurang, setelah di lakukan pendidikan kesehatan terdapat peningkatan pengetahuan menjadi 16 responden (89%) dalam kategori baik. Hasil uji statistik T-test terdapat pengaruh Pendidikan kesehatan metode ceramah dengan media Audio-visual terhadap tingkat pengetahuan siswa tentang penyakit Diabetes melitus tipe II. Kesimpulan : Terdapat pengaruh yang signifikan pada tingkat pengetahuan siswa kelas X F sebelum dan sesudah diberikan Pendidikan Kesehatan menggunakan metode ceramah dengan media Audio Visual dengan hasil nilai p=value sebesar 0,000 (< 0,05). Kata Kunci : Diabetes melitus, Pendidikan kesehatan, Remaja, Ceramah, Audio Visual. 1 Mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Suaka Insan Banjarmasi

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: S1 Ilmu Keperawatan
Depositing User: Abdul Kadir S.Kom
Date Deposited: 17 Sep 2024 07:11
Last Modified: 17 Sep 2024 07:11
URI: https://repository.stikessuakainsan.ac.id/id/eprint/381

Actions (login required)

View Item View Item