GAMBARAN PENGETAHUAN SISWA TENTANG JENIS PERILAKU BULLYING DI SDN TELAGA BIRU 1 BANJARMASIN TAHUN 2024

YOSUA, RYCO SUSANTO (2024) GAMBARAN PENGETAHUAN SISWA TENTANG JENIS PERILAKU BULLYING DI SDN TELAGA BIRU 1 BANJARMASIN TAHUN 2024. Other thesis, STIKES SUAKA INSAN.

[img] Text (COVER)
Cover s.d daftar isi.pdf

Download (950kB)
[img] Text (ABSTRACK)
abstrak.pdf

Download (211kB)
[img] Text (BAB I)
file bab 1.pdf

Download (143kB)
[img] Text (BAB II)
file bab 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (203kB)
[img] Text (BAB III)
file bab 3.pdf

Download (309kB)
[img] Text (BAB IV)
file bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (485kB)
[img] Text (BAB V)
file bab 5.pdf

Download (11kB)
[img] Text (REFERENSI)
Daftar pustaka.pdf

Download (231kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
file lampiran.pdf

Download (4MB)

Abstract

GAMBARAN PENGATAHUAN SISWA TENTANG JENIS PERILAKU BULLYING DI SDN TELAGA BIRU 1 BANJARMASIN TAHUN 20204 Yosua Ryco Susanto1 , Lanawati2 , Sapariah Anggraini3 [email protected] INTISARI Latar belakang : Banyak nya kasus kekerasan yang terjadi pada anak-anak di usia sekolah saat ini sangat memperihatinkan bagi pendidik dan orang tua. Fenomena bullying dapat terjadi dalam lingkungan sekolah dasar dan pada anak-anak sekolah. Perilaku bullying sangat tidak ideal bagi anak-anak sekolah dapat memberikan dampak negatif bagi pertunbuhan mental emosional. Semakin bertambahnya kejadian bullying di sekolah membuat dampak dari bullying semakin parah maka dari itu perlu untuk mengetahui pengetahuan jenis jenis bullying apa saja yang terjadi dan dapat mencegah perilalu tersebut. Tujuan Penelitian: Mengetahui gambaran pengetahuan siswa tentang jenis perilaku bullying di SDN Telaga Biru 1 Banjarmasin. Metode Penelitian: Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian adalah penelitian kuantitatif, dengan analisis univariat teknik yang digunakan untuk mengolah data yang berbentuk angka. Metode pengambilan sampel yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah metode Stratifikasi Random Sampling dengan sampel berjumlah 157. Alat pengumpulan data menggunakan kuisioner yang memiliki 20 pernyataan. Hasil: Hasil penelitian menunjukkan bahwa 83 siswa (53%) kurang memiliki pengetahuan terkait jenis-jenis perilaku bullying non-verbal. Usia kurang pengetahuan yaitu pada usia 5-11 tahun sebanyak 128 orang (82%). Jenis kelamin yang kurang berpengetahuan adalah perempuan sebanyak 85 orang (54%). Dan siswa yang telah menerima informasi tentang bullying sebanyak 101 orang (64%). Bullying yang tidak diketahui siswa adalah jenis bullying non-verbal. Kesimpulan: Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan maka dapat disimpulkan sebagian besar siswa SDN Telaga Biru 1 Banjarmasin berpengtahuan kurang sebanyak 83 orang (53%). Kata Kunci: Pengatahuan Bullying Anak Sekolah Dasar, Pengathuan Bullying, Sekolah Dasar ¹Mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Suaka Insan Banjarmasin ²`³ Dosen Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Suaka Insan Banjarmasin 6 OVERVIEW OF STUDENTS' KNOWLEDGE ABOUT THE TYPES OF BULLYING BEHAVIOR AT SDN TELAGA BIRU 1 BANJARMASIN YEAR 20204 Yosua Ryco Susanto1 , Lanawati2 , Sapariah Anggraini3 [email protected] ABSTRAK Background: The many cases of violence that occur in children of school age today are very concerning for educators and parents. The phenomenon of bullying can occur in elementary school environments and in school children. Bullying behavior is not ideal for school children can have a negative impact on mental and emotional development. The increasing incidence of bullying in schools makes the impact of bullying more severe, therefore it is necessary to know what types of bullying occur and can prevent these incidents. Research Method: Knowing the description of students' understanding of the types of bullying behavior at SDN Telaga Biru 1 Banjarmasin. Results: The type of research used in the research is quantitative research, with univariate analysis techniques used to process data in the form of numbers. The sampling method that will be used in this study is the Stratification Random Sampling method with a sample of 157. The data collection tool uses a questionnaire that has 20 statements. Conclusion: The results of the study showed that 83 students (53%) had less knowledge related to the types of non-verbal bullying behaviors. The age of lack of knowledge is in the age of 5-11 years as many as 128 people (82%). The gender with less knowledge is female as many as 85 people (54%). And students who have received information about bullying are 101 people (64%). Bullying that students do not know is a type of non-verbal bullying. Keywords: Elementary School Child Bullying Knowledge, Bullying Knowledge, Elementary School ¹Student of Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Suaka Insan Banjarmasin. ²`³ Lecturer of of Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Suaka Insan Banjarmasin

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: S1 Ilmu Keperawatan
Depositing User: Abdul Kadir S.Kom
Date Deposited: 20 Sep 2024 07:15
Last Modified: 20 Sep 2024 07:15
URI: https://repository.stikessuakainsan.ac.id/id/eprint/406

Actions (login required)

View Item View Item