CENDRI (2023) EVALUASI PELAKSANAAN METODE SMALL GROUP DISCUSSION DENGAN MATA KULIAH KEPERAWATAN PADA MAHASISWA/I STIKES SUAKA INSAN BANJARMASIN 2023. Other thesis, STIKES SUAKA INSAN.
![]() |
Text (COVER)
SKRIPSI CENDRI FIX 2023 (1-18).docx Download (1MB) |
![]() |
Text (ABSTRACK)
SKRIPSI CENDRI FIX 2023 (8-9).docx Download (20kB) |
![]() |
Text (BAB I)
SKRIPSI CENDRI FIX 2023 (19-26).docx Download (25kB) |
![]() |
Text (BAB II)
SKRIPSI CENDRI FIX 2023 (27-55).docx Restricted to Repository staff only Download (45kB) |
![]() |
Text (BAB III)
SKRIPSI CENDRI FIX 2023 (56-73).docx Download (37kB) |
![]() |
Text (BAB IV)
SKRIPSI CENDRI FIX 2023 (74-89).docx Restricted to Repository staff only Download (137kB) |
![]() |
Text (BAB V)
SKRIPSI CENDRI FIX 2023 (90-91).docx Download (17kB) |
![]() |
Text (REFERENSI)
SKRIPSI CENDRI FIX 2023 (92-94).docx Download (19kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
SKRIPSI CENDRI FIX 2023 (95-123).docx Download (1MB) |
Abstract
EVALUASI PELAKSANAAN METODE SMALL GROUP DISCUS SIONDENGAN MATA KULIAH KEPERAWATAN PADA MAHASISWA/I STIKES SUAKA INSAN 2023 Cendri1, Septi Machelia Champaca Nursery 2, Maria Frani Ayu Andari Dias 3 Email: cendrri06@gmail.com INTISARI Latar belakang : Berbagai metode pembelajaran digunakan oleh para dosen untuk mengefektifkan proses penerimaan dan juga penguasaan materi suatupembelajaran, salah satunya adalah Small Group Discussion (SGD). Pada SGD ditemukan mahasiwa yang kurang aktif dalam mengemukakan pendapat dan kurangberbagi ide saat berdiskusi kelompok serta mahasiwa masih ada yang pasif saat berdiskusi kelompok. Mata kuliah Keperawatan Jiwa menggunakan SGD sebagai salah satu metode pembelajaran untuk dapat mengoptimalkan penyerapan ilmu keperawatan jiwa sesuai bahan ajar yang disiapkan, terutama untuk mengasuh kelasbesar yang terdiri dari lebih dari 60 orang mahasiswa/I dalam satu kelas. Tujuan Penelitian : Mengevaluasi pelaksanaan metode SGD pada mata kuliah Keperawatan Jiwa pada mahasiswa/i semester VI kelas A dan B Prodi Ilmu keperawatan (PSIK) di STIKES Suaka Insan. Metode : Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah 377 mahasiswa/i, sedangkan sample penelitian ini adalah 60 mahasiswa/I Prodi Ilmu Keperawatan, yang telah mendapatkan pembelajaran keperawatan jiwa , yang berada pada semester VI kelas A dan B. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah quota sampling. Instrumen untuk pengambilan data adalah kuesioner yang terdiri dari 35 pernyataan, yang telah lolos uji validitas dan reliabilitas. Analisis data menggunakan statistik deskriptif dan data disajikan dalam tabel distrubusi frekuensi. Hasil : Empat puluh satu dari 60 orang mahasiswa/I (68.3%) PSIK di STIKES Suaka Insan menilai bahwa pelaksanaan metode SGD pada mata kuliah Keperawatan Jiwa berada pada kategori baik, dan 19 orang sisanya (31.7%) menilai cukup. Tidak ada yang menilai pelaksanaan SGD dalam kategori kurang. Kesimpulan : Mayoritas mahasiswa/I PSIK yang telah menjalani mata kuliah keperawatan jiwa menilai bahwa pelaksanan SGD berada di kategori baik. Metode SGD sebaiknya dipertahankan, dilanjutkan dan dikembangkan untuk pengajaran MK Keperawatan Jiwa. Kata Kunci : Small Group Discussion, Mata ajar Keperawatan jiwa, Evaluasi ¹Mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Suaka Insan Banjarmasin ²Dosen Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Suaka Insan Banjarmasin 3Dosen Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Suaka Insan Banjarmasin ix EVALUATION OF THE IMPLEMENTATION OF THE SMALL GROUP DISCUSSION METHOD WITH NURSING COURSES IN STIKES SUAKA INSAN 2023 STUDENTS Cendri1, Septi Machelia Champaca Nursery 2, Maria Frani Ayu Andari Dias 3 Email: cendrri06@gmail.com ABSTRAK Background: Various learning methods are used by lecturers to make the process of receiving and mastering the material of learning effective, one of which is Small Group Discussion (SGD). In SGD, it was found that students were less active in expressing opinions and less sharing ideas during group discussions and some students were still passive during group discussions. The Psychiatric Nursing course uses SGD as one of the learning methods to be able to optimize the absorption of psychiatric nursing knowledge according to the prepared teaching materials, especially to take care of a large class consisting of more than 60 students in one class. Research Objective: To evaluate the implementation of the SGD method in the Psychiatric Nursing course in semester VI students of class A and B of the Nursing Science Study Program (PSIK) at STIKES Suaka Insan. Method: This study uses a quantitative method with a descriptive approach. The population in this study is 377 students, while the sample of this study is 60 students of the Nursing Science Study Program, who have received psychiatric nursing learning, which is in semester VI of classes A and B. The sampling technique in this study is quota sampling. The instrument for data collection is a questionnaire consisting of 35 statements, which have passed the validity and reliability test. The data analysis uses descriptive statistics and the data are presented in the frequency distribution table. Results : Forty-one out of 60 students (68.3%) of PSIK at STIKES Suaka Insan assessed that the implementation of the SGD method in the Psychiatric Nursing course was in the good category, and the remaining 19 students (31.7%) considered it adequate. No one assessed the implementation of SGD in the poor category. Conclusion: The majority of PSIK students who have undergone psychiatric nursing courses consider that the implementation of SGD is in the good category. The SGD method should be maintained, continued and developed for the teaching of the Psychiatric Nursing Institution. Keywords: Small Group Discussion, Psychiatric Nursing Subjects, Evaluation ¹Student Of Banjarmasin Asylum College Of Health Sciences ²Lecturer At The Banjarmasin Insan Sanctuary College Of Health Sciences 3Lecturer At The Banjarmasi Human Sanctuary College Of
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Divisions: | S1 Ilmu Keperawatan |
Depositing User: | Abdul Kadir S.Kom |
Date Deposited: | 09 Dec 2024 03:38 |
Last Modified: | 09 Dec 2024 03:38 |
URI: | https://repository.stikessuakainsan.ac.id/id/eprint/553 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |