HUBUNGAN KEMANDIRIAN BELAJAR DENGAN EVALUASI KOGNITIF MAHASISWA SEMESTER II ANGKATAN XII STIKES SUAKA INSAN BANJARMASIN TAHUN 2019

Anugrahni, Pujianti (2019) HUBUNGAN KEMANDIRIAN BELAJAR DENGAN EVALUASI KOGNITIF MAHASISWA SEMESTER II ANGKATAN XII STIKES SUAKA INSAN BANJARMASIN TAHUN 2019. Other thesis, STIKES SUAKA INSAN.

[img] Text
COVER ABSTRAK2.doc

Download (141kB)

Abstract

Kemandirian belajar mahasiswa seringkali dicerminkan pada perolehan hasil belajarnya. Hasil belajar merupakan proses perubahan tingkah laku individu melalui interaksi dengan lingkungannya. Hasil belajar ini sangat penting karena masih menjadi tolak ukur kopetensi mahasiswa dibidang ilmunya. Masalah yang terjadi apabila tanggung jawab dalam kemandirian belajar kurang, maka akan berdampak pada nilai yang diperoleh mahasiswa. Tujuan penelitian ini untuk menganalisa hubungan kemandirian belajar dengan evaluasi kognitif mahasiswa semester II angkatan XII STIKES Suaka Insan Banjarmasin tahun 2019. Metodeologi penelitian kuantitatif dengan rancangan deskritif korelasi. Teknik sampling total sampling, sampel penelitian adalah Mahasiswa Semester II Angkatan XII STIKES Suaka Insan Banjarmasin yang berjumlah 39 responden. Analisa data menggunakan analisa univariat dan bivariat. Instrument penelitian menggunakan kuesioner Kemandirian Belajar dengan 20 pernyataan, dan Evaluasi Kognitif menggunakan dokumen nilai dari Koordinator Mata Kuliah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gambaran umum kemandirian belajar kategori cukup lebih banyak yaitu 18 responden (46,2%), gambaran evaluasi kognitif mahasiswa lulus sebanyak 9 responden (30%).

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: S1 Ilmu Keperawatan
Depositing User: Yusserliyawati Yusserliyawati
Date Deposited: 31 Jul 2021 12:15
Last Modified: 31 Jul 2021 12:15
URI: https://repository.stikessuakainsan.ac.id/id/eprint/58

Actions (login required)

View Item View Item