Dewi Setya, Paramitha and Rita, Kirana and Andrey Rizky Akbar, Muhaimin MPR (2022) Pentingnya Kualitas Komunikasi Perawat Dan Dokter Sebagai Upaya Peningkatan Kepuasan Pasien Di Rumah Sakit. Jurnal Keperawatan suaka insan.
Text
document-18.pdf Download (226kB) |
Abstract
PENTINGNYA KUALITAS KOMUNIKASI PERAWAT DAN DOKTER SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KEPUASAN PASIEN DI RUMAH SAKIT Dewi Setya Paramitha*1, Rita Kirana2, Andrey Rizky Akbar Muhaimin MPR3 1Fakultas Keperawatan dan Ilmu Kesehatan, Universitas Muhammadiyah Banjarmasin 2Politeknik Kesehatan Kemenkes Banjarmasin 3Fakultas Keperawatan dan Ilmu Kesehatan, Universitas Muhammadiyah Banjarmasin e-mail: [email protected] Abstract One of the obstacles that make health collaboration not maximized is the lack of communication between nurse and doctor. This study was to determine the relationship between nurse-doctor communication and patient satisfaction. The method used cross-sectional design. The number of research samples is 77 patients in inpatient ward taken by Accidental Sampling. Spearman Rank was used as statistical test. The results showed that the quality of communication of nurse-doctor in the very good category was 98,7%, patient satisfaction was in the very satisfied category 94,8% and there was a relationship between the communication quality of nurse and doctor with patient satisfaction, the value (p = 0,000 < 0,05) with correlation coefficient 0,490 was moderate relationship. This study was showing that collaborative practice between nurses and doctors should be maintained. The effectiveness of interprofessional collaboration will increase patient satisfaction at the hospital. Keywords: communication, doctors, nurses, patient satisfaction Abstrak Salah satu hambatan yang membuat kolaborasi kesehatan belum maksimal adalah kurangnya komunikasi antara perawat dan dokter. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan kualitas komunikasi perawat dan dokter dengan kepuasan pasien di rumah sakit. Metode penelitian menggunakan desain Crosssectional. Jumlah sampel penelitian yaitu 77 pasien ruang rawat inap yang diambil menggunakan teknik Accidental Sampling. Analisis data menggunakan uji statistik Spearman Rank. Hasil penelitian menunjukan kualitas komunikasi perawat dan dokter kategori sangat baik 98,7%, kepuasan pasien kategori sangat puas 94,8% dan terdapat hubungan antara kualitas komunikasi perawat dan dokter dengan kepuasan pasien, nilai p=0,000< α 0,05 dengan koefesien korelasi 0,490 yang berarti bahwa kekuatan hubungan adalah sedang. Hasil penelitian menunjukan paktik kolaborasi antara perawat dan dokter harus dipertahankan. Interprofessional collaboration yang dilakukan secara efektif akan meningkatkan kepuasan pasien di rumah sakit. Kata Kunci: dokter, komunikasi, perawat, kepuasan pasien
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science |
Divisions: | Perpustakaan > Jurnal |
Depositing User: | Abdul Kadir S.Kom |
Date Deposited: | 15 Aug 2023 01:42 |
Last Modified: | 15 Aug 2023 01:42 |
URI: | https://repository.stikessuakainsan.ac.id/id/eprint/205 |
Actions (login required)
View Item |