EFEKTIVITAS PENDIDIKAN KESEHATAN DENGAN METODE SIMULASI ROLE PLAYING TERHADAP KETERAMPILAN PERTOLONGAN PERTAMA PADA KECELAKAAN (P3K) KADER UKS DI SDN TELUK DALAM 1 BANJARMASIN TAHUN 2018 EFEKTIVITAS PENDIDIKAN KESEHATAN DENGAN METODE SIMULASI ROLE PLAYING TERHADAP KETERAMPILAN PERTOLONGAN PERTAMA PADA KECELAKAAN (P3K) KADER UKS DI SDN TELUK DALAM 1 BANJARMASIN TAHUN 2018 EFEKTIVITAS PENDIDIKAN KESEHATAN DENGAN METODE SIMULASI ROLE PLAYING TERHADAP KETERAMPILAN PERTOLONGAN PERTAMA PADA KECELAKAAN (P3K) KADER UKS DI SDN TELUK DALAM 1 BANJARMASIN TAHUN 2018 EFEKTIVITAS PENDIDIKAN KESEHATAN DENGAN METODE SIMULASI ROLE PLAYING TERHADAP KETERAMPILAN PERTOLONGAN PERTAMA PADA KECELAKAAN (P3K) KADER UKS DI SDN TELUK DALAM 1 BANJARMASIN TAHUN 2018

Nafisyah, Wiwin (2018) EFEKTIVITAS PENDIDIKAN KESEHATAN DENGAN METODE SIMULASI ROLE PLAYING TERHADAP KETERAMPILAN PERTOLONGAN PERTAMA PADA KECELAKAAN (P3K) KADER UKS DI SDN TELUK DALAM 1 BANJARMASIN TAHUN 2018 EFEKTIVITAS PENDIDIKAN KESEHATAN DENGAN METODE SIMULASI ROLE PLAYING TERHADAP KETERAMPILAN PERTOLONGAN PERTAMA PADA KECELAKAAN (P3K) KADER UKS DI SDN TELUK DALAM 1 BANJARMASIN TAHUN 2018 EFEKTIVITAS PENDIDIKAN KESEHATAN DENGAN METODE SIMULASI ROLE PLAYING TERHADAP KETERAMPILAN PERTOLONGAN PERTAMA PADA KECELAKAAN (P3K) KADER UKS DI SDN TELUK DALAM 1 BANJARMASIN TAHUN 2018 EFEKTIVITAS PENDIDIKAN KESEHATAN DENGAN METODE SIMULASI ROLE PLAYING TERHADAP KETERAMPILAN PERTOLONGAN PERTAMA PADA KECELAKAAN (P3K) KADER UKS DI SDN TELUK DALAM 1 BANJARMASIN TAHUN 2018. Other thesis, STIKES SUAKA INSAN.

[img] Text
COVER ABSTRAK.doc

Download (119kB)

Abstract

Cedera merupakan penyebab utama morbiditas dan mortalitas pada anak usia sekolah. Untuk mengurangi dampak yang terjadi, perlu adanya peran sekolah melalui program UKS dengan cara memberikan pendidikan kesehatan mengenai P3K. Diperlukan metode pendidikan kesehatan yang menarik agar dapat meningkatkan keterampilan mengenai P3K. Metode yang dapat digunakan adalah simulasi role playing. Tujuan penelitian ini untuk mengidentifikasi efektivitas pendidikan kesehatan dengan metode simulasi role playing terhadap keterampilan pertolongan pertama pada kecelakaan (P3K) kader UKS di SDN Teluk Dalam 1 Banjarmasin. Metodeologi penelitian kuantitatif dengan rancangan pre experimental dengan pendekatan one group pretest posttest design. Teknik pengambilan sampel menggunakan non probability sampling jenis purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 14 orang. Pengambilan data menggunakan lembar observasi penanganan luka ringan dan pingsan. Analisis data menggunakan Wilcoxon test. Hasil penelitian Hasil uji Wilcoxon pada penanganan luka ringan dan pingsan sebesar 0,001 (p<0,01). Artinya ada perbedaan yang signifikan pada keterampilan siswa setelah diberikan pendidikan kesehatan dengan metode simulasi role playing.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: S1 Ilmu Keperawatan
Depositing User: Yusserliyawati Yusserliyawati
Date Deposited: 29 Jul 2021 05:50
Last Modified: 29 Jul 2021 05:50
URI: https://repository.stikessuakainsan.ac.id/id/eprint/53

Actions (login required)

View Item View Item