Kepuasan Pasien Akan Pelayanan Keperawatan Di Ruang Rawat Inap Rumah Sakit Umum Daerah Buntok, Kalimantan Tengah

Warjiman, Warjiman and Yuli, Sulistiyo and Lucia Andi, Chrismilasari (2020) Kepuasan Pasien Akan Pelayanan Keperawatan Di Ruang Rawat Inap Rumah Sakit Umum Daerah Buntok, Kalimantan Tengah. Jurnal Keperawatan Suaka Insan.

[img] Text
document-2.pdf

Download (301kB)

Abstract

Kepuasan Pasien akan Pelayanan Keperawatan di Ruang Rawat Inap Rumah Sakit Umum Daerah Buntok, Kalimantan Tengah Warjiman1, Yuli Sulistiyo2, Lucia Andi Chrismilasari3 1,2Dosen STIKES Suaka Insan Banjarmasin, Kalimantan Selatan 3Perawat Rumah Sakit Umum Daerah Jaraga Sasameh Bunto, Kalimantan Tengah Email: warjiman99@gmail.com Abstract Patient satisfaction is a level of patient feeling that arises as a result of the performance of the health services he gets, especially after the patient has compared it with what he expected. Patients will feel satisfied if the performance of the health services they receive equals or exceeds their expectations and vice versa, dissatisfaction or feelings of disappointment will arise if the performance of the health services they receive is not in accordance with their own performance. Nursing service satisfaction at Jaraga Sasameh Hospital has decreased by 1.75% from two measurements time in October-December 2018 and January-March 2019. This study aims to identify description of patient satisfaction with nursing services in the inpatient room at Jaraga Sasameh Hospital, Buntok, Center Kalimantan. This research was a descriptive-quantitative study with survey data collection. The research sample was taken by using purposive sampling technique with a total of 80 respondents. Validity and reliability tests were conducted on 30 respondents. The results were analyzed using descriptive statistics by displaying the frequency distribution table. This study shows that the majority of respondents' assessment of patient satisfaction is in the satisfied category (58.75%), followed by very satisfied (41.25%) and very dissatisfied and dissatisfied (0%). The results showed that the majority of patients were satisfied to be treated in the inpatient room of the regional general hospital. Keywords: Patient Satisfaction, Nursing Services, Inpatient Rooms, Regional Public Hospitals Abstrak Kepuasan pasien adalah suatu tingkat perasaan pasien yang timbul sebagai akibat dari kinerja layanan kesehatan yang diperolehnya, terutama setelah pasien membandingkannya dengan apa yang diharapkannya. Pasien akan merasa puas apabila kinerja layanan kesehatan yang diperolehnya sama atau melebihi harapannya dan sebaliknya ketidakpuasan atau perasaan kecewa akan muncul jika kinerja layanan kesehatan yang diperolehnya itu tidak sesuai dengan kinerjanya sendiri. Kepuasan pelayanan keperawatan di Rumah Sakit Jaraga Sasameh mengalami penurunan sebanyak 1.75% dari dua kali pengukuran bulan oktoberdesember 2018 dan januari-maret 2019. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi gambaran kepuasan pasien akan pelayanan keperawatan di ruang rawat inap di RSUD Jaraga Sasameh Buntok, Kalimantan Tengah. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif-kuantitatif dengan pengumpulan data secara survey. Pengambilan sampel penelitian dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah 80 responden. Uji validitas dan reliabilitas dilakukan terhadap 30 responden. Hasil penelitian dianalisa dengan menggunakan statistik deskriptif dengan menampilkan tabel distribusi frekuensi. Penelitian ini menunjukkan bahwa mayoritas penilaian responden tentang kepuasan pasien berada di kategori puas (58.75%), disusul dengan kategori sangat puas (41.25%) dan sangat tidak puas dan tidak puas (0%). Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas pasien merasa puas dirawat di ruang rawat inap rumah sakit umum daerah. Kata Kunci: KepuasanPasien, Pelayanan Keperawatan, Ruang Rawat Inap, Rumah sakit umum daerah

Item Type: Article
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Divisions: Perpustakaan > Jurnal
Depositing User: Abdul Kadir S.Kom
Date Deposited: 15 Aug 2023 01:39
Last Modified: 15 Aug 2023 01:39
URI: https://repository.stikessuakainsan.ac.id/id/eprint/149

Actions (login required)

View Item View Item