Studi Fenomenologi Pengalaman Orang Tua Dalam Memandirikan Anak Usia (0-18 Tahun) Dengan Retardasi Mental Sedang Di Slb Negeri Batulicin Kabupaten Tanah Bumbu 2019

Nadia S, Rahmadayanti and Bayu Purnama, Atmaja and Ritna, Udiyani (2020) Studi Fenomenologi Pengalaman Orang Tua Dalam Memandirikan Anak Usia (0-18 Tahun) Dengan Retardasi Mental Sedang Di Slb Negeri Batulicin Kabupaten Tanah Bumbu 2019. Jurnal Keperawatan Suaka Insan.

[img] Text
document.pdf

Download (179kB)

Abstract

STUDI FENOMENOLOGI PENGALAMAN ORANG TUA DALAM MEMANDIRIKAN ANAK USIA (0-18 TAHUN) DENGAN RETARDASI MENTAL SEDANG DI SLB NEGERI BATULICIN KABUPATEN TANAH BUMBU 2019 *Rahmadayanti, Nadia S **Atmaja, Bayu Purnama *** Udiyani, Ritna ¹Program Studi Ilmu Keperawatan STIKes Darul Azhar Batulicin,Tanah Bumbu, 72171, Indonesia ²,³ Staf Pengajar Program Studi Ilmu Keperawatan STIKes Darul Azhar Batulicin, Tanah Bumbu, 72171, Indonesia Email: [email protected] ABSTRAK Latar Belakang: Retardasi mental adalah sebuah keadaan intelegensi yang kurang (subnormal) sejak awal masa perkembangan (sejak lahir atau sejak masa anak). Masalah yang sering terjadi pada anak seperti kelemahan dan keterbatasan dalam kemampuan kemandirian misalnya dalam hal mengurus diri (oral hygiene, mandi, berpakaian), serta kemandirian toileting membutuhkan peran penting dari orang tua. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pengalaman orang tua dalam memandirikan anak retardasi mental di SLB N Batulicin. Metode: Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan rancangan penelitian menggunakan pendekatan fenomenologi. Sampel penelitian berjumlah 5 orang partisipan. Instrumen penelitian menggunakan pedoman wawancara dan alat perekam berupa handphone. Hasil: Hasil penelitian berdasarkan pengalaman dari orang tua dalam memandirikan anak retaradasi mental memiliki tiga tema antara lain : reaksi psikologis orang tua, melatih kemandirian anak retardasi mental, dan berbagai dukungan yang di harapkan orang tua. Kesimpulan dari ketiga tema penelitian tersebut adalah dukungan keluarga memiliki peran paling penting bagi orang tua dalam mengasuh dan mendidik anak dengan retardasi mental, sehingga dapat memberikan efek positif bagi orang tua untuk menerima dan melatih segala kekurangan pada anak retardasi mental. Disarankan kepada orang tua yang memiliki anak retardasi mental agar dapat meningkatkan kemandirian anak dengan membimbing, memberi contoh dan mengarahkan anak dengan benar dalam melakukan kegiatan aktivitas setiap harinya. Kata kunci : Memandirikan, Pengalaman orang tua, Retardasi mental

Item Type: Article
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Divisions: Perpustakaan > Jurnal
Depositing User: Abdul Kadir S.Kom
Date Deposited: 15 Aug 2023 01:44
Last Modified: 15 Aug 2023 01:44
URI: https://repository.stikessuakainsan.ac.id/id/eprint/146

Actions (login required)

View Item View Item